Inilah 3 Keuntungan Pinjaman Dengan Jaminan

Dalam situasi yang seperti sekarang, tentunya ada berbagai macam kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Terkadang, dalam pemenuhan kebutuhan tersebut Anda memerlukan tambahan dana yang jumlahnya tidak sedikit, sehingga mengajukan pinjaman dengan jaminan bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan.

Apa Itu Pinjaman Dengan Jaminan?

Pinjaman dengan jaminan merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman dana ke suatu lembaga atau perusahaan tertentu dengan menyerahkan jaminan sebagai pengganti dana tersebut. Jaminan yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB, dan lain sebagainya. Mengajukan pinjaman dengan jaminan tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman dana.

Keuntungan Pinjaman Dengan Jaminan

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika mengajukan pinjaman dengan jaminan :

  1. Plafon dan Tenor Fleksibel

Dengan aset pinjaman yang bernilai besar, tentunya Anda juga bisa mendapatkan plafon dan tenor waktu yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan KTA. Hal tersebut bisa terjadi karena Anda pasti akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa melunasi pinjaman tersebut. 

Dengan plafon yang banyak maka tenor waktu untuk pelunasan juga biasanya akan relatif lebih panjang, yaitu selama dua hingga lima tahun, sesuai dengan produk pinjaman yang telah Anda pilih sebelumnya.

  1. Suku Bunga Relatif Rendah

Keuntungan selanjutnya dari pinjaman dengan jaminan adalah suku bunga yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan pinjaman jenis lainnya. Umumnya, suku bunga yang ditawarkan bersifat flat atau tetap dari awal mulai hingga akhir pelunasan. 

Mengenai besaran suku bunga, tentunya setiap perusahaan akan memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, biasanya akan ada batasan suku bunga yang telah ditetapkan oleh lembaga OJK, sehingga tidak akan memberatkan nasabahnya.

  1. Fleksibel Untuk Berbagai Tujuan

Keuntungan selanjutnya adalah fleksibilitas tujuan dalam menggunakan dana pinjaman. Karena dana pinjaman yang didapatkan relatif lebih besar dari KTA, maka Anda bisa memanfaatkan dana pinjaman tersebut untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan finansial. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tetap harus bijak dalam mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki.

Demikianlah penjelasan mengenai pinjaman dengan jaminan beserta dengan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika mengajukan pinjaman dengan jaminan. Namun, disamping keuntungan-keuntungan tersebut, tentunya Anda harus bijak dalam mengajukan pinjaman dana agar tidak merugikan diri Anda sendiri. 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these