Skema Peminjaman Uang ke Bank, Mengapa Ada yang Lama dan Ada yang Cepat?

Ilustrasi pengecekan kelengkapan syarat peminjaman kredit di bank

Banyak nasabah mengeluh dan kesal dengan kinerja bank ketika mereka mengajukan pinjaman terkesan mempersulit, lama dan menunda. Sebenarnya, ada beberapa alasan, aturan bank terpusat yang wajib ditaati oleh semua bank di negara kita. Aturan pinjaman disebut sebagai prosedur pengajuan kredit ke bank.

Berikut adalah skema pinjaman dari awal hingga akhir ke bank

  1. Datanglah ke kantor Bank terdekat, mengambil nomor antrean ke CS bank
  2. CS bank akan memberikan formulir pinjaman yang nasabah ajukan, misalnya pinjaman usaha, pinjaman kredit kendaraan.
  3. Nasabah wajib menyertakan dokumen seperti KTP, NPWP, KK, surat keterangan usaha, atau BPKB (jika nasabah mau menjaminkan kendaraan)
  4. Pihak bank akan melihat pengajuan nasabah
  5. Kemudian, pihak bank akan melihat dengan survei ke lokasi apakah layak atau tidak. Biasanya ada pegawai surveyor yang datang dan menanyakan, memotret kondisi lokasi.
  6. Jika usai survei nasabah dianggap memenuhi syarat pinjaman maka pihak bank memberikan persetujuan kredit pinjaman.
  7. Nasabah bisa menandatangani kontrak perjanjian kredit pinjaman dengan bank.
  8. Kemudian bank mencairkan uang ke nasabah dengan jumlah yang dikehendaki tetapi ada administrasi tambahan sehingga jumlah tidak penuh 100%.
  9. Ketika nasabah telah menerima uang totalnya, maka bulan depan nasabah harus wajib mengangsur tepat waktu agar tidak terkena denda. Jika nasabah telat membayar angsuran yang tertera di surat kontrak maka denda berjalan selama waktu yang ditentukan. Misalnya, dalam surat kontrak terdapat rutinitas membayar cicilan per tanggal 8 maka lewat tanggal 8 pembayaran akan dikenakan denda sesuai jalannya hari tambahan tersebut.

Mengapa pinjaman si A lebih cepat cair dibandingkan si B yang lebih dulu mengajukan?

Mungkin si B tersebut ada dokumen pengajuan yang kurang lengkap, analisa gaji nasabah tidak sesuai atau masalah dalam kinerja bank. Pihak bank tentu melihat karakter peminjam tersebut apakah bisa tepat waktu dalam membayar angsuran ataukah terlambat. Waktu persetujuan dari prosedur pengajuan kredit ke bank awal pengajuan sekitar 14-30 hari, ketika nasabah disetujui maka waktu pencairan sekitar 7-14 hari maksimal masa kerja.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these