Lengkap, Berikut Ukuran Dan Harga Atap Metal Pasir

rumah kokoh dengan atap metal pasir

Dalam memilih genteng untuk atap anda, hendaknya anda perlu berhati-hati karena atap menjadi elemen utama yang dapat melindungi anda dan hunian anda. Tidak hanya itu, atap juga dapat mempengaruhi eksterior dari rumah itu sendiri. Salah satu jenis genteng untuk atap yang banyak diminati orang saat ini adalah atap metal pasir.

Cara Memasang Atap Metal Pasir

Jika dahulu biasanya menggunakan genting tanah liat untuk atap rumah, maka saat ini banyak orang yang mulai bergeser pada pemakaian genteng metal pasir yang terbuat dari galvalum pasir. Genting ini memiliki banyak peminat karena cukup ekonomis, cocok untuk daerah yang beriklim tropis, serta memiliki banyak kelebihan serta memiliki banyak kelebihan seperti ramah lingkungan, tidak mudah berkarat, tidak mudah terbakar, dan dapat meredam suara bising.

Genteng metal pasir terbuat dari bahan-bahan seperti baja galvalum az 100, zincalum, zinc phosphate, serta campuran coraltex. Campuran coraltex ini yang menjadikan permukaan genting seperti berpasir, sehingga disebut genteng metal pasir.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan atap metal pasir, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu ketika akan memasang genteng metal pasir untuk atap :

  1. Pilihlah ketebalan yang pas dengan cuaca di daerah rumah anda agar tetap kokoh saat terkena cuaca ekstrem.
  2. Karena memiliki bobot yang ringan, anda tidak perlu rangka atap yang terlalu rapat.
  3. Pergunakanlah rangka atap yang terbuat dari baja ringan.
  4. Pasanglah dengan teliti dan hati-hati agar tidak mudah lepas saat ada angin kencang. Genteng metal pasir biasanya memiliki pengunci khusus yang disebut interlock system yang  akan membuatnya sulit dibobol dari luar.

Harga dan Ukuran Atap Metal Pasir

Harga atap metal pasir tergantung dari merk dan ukuran yang akan anda pilih serta juga ketebalan dari genting itu sendiri. Untuk ketebalan 0,25 dengan ukuran standar, biasanya dipatok harga mulai dari Rp 45.000 – Rp 70.000. Untuk ketebalan 0,30 dengan ukuran standar dipatok harga mulai dari Rp 65.000. Untuk ketebalan 0,35 dengan ukuran standar dipatok harga mulai dari Rp 75.000 – Rp 100.000 an. 

Sebaiknya anda memilih genting dengan ketebalan lebih dari 0,25, karena genting yang tipis akan membuat lapisan pasir pada permukaan genting tidak merekat dengan baik sehingga warna genting rawan mengelupas. Hendaknya anda juga memilih genting atap metal dengan harga yang tidak terlalu murah agar mendapatkan kualitas yang baik.

Dengan memilih kualitas genteng metal pasir yang baik, maka anda sama seperti berinvestasi dengan menghemat banyak biaya karena tanpa perawatan khusus genteng metal pasir dapat bertahan hingga 10 tahun bahkan lebih. 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these