Berbagai Genteng Ringan Selain Genteng Metal

genteng ringan dan kuat

Selain aneka jenis genteng metal maka ada juga beberapa genteng ringan dan kuat yang terbuat dari bahan lainnya, seperti berikut ini.

Genteng Polycarbonate

Genteng ringan dan kuat ini tidak panas, dilengkapi dengan pelindung dari sinar UV yang membuat hunian jadi sejuk, juga tahan air. Cocok dipadukan rangka atap baja ringan. Koleksi warna genteng polycarbonate lengkap bisa dipilih sesuai selera. Cara pemasangannya mudah, karena selain ringan juga mudah dibentuk, mudah dikreasikan cocok untuk  kanopi rumah atau atap di area rooftop. Polycarbonate tahan cuaca.  

Genteng Asbes

Harganya murah. Ringan terbuat dari campuran fiber dan semen. Genteng ini tahan rayap dan dijual dalam bentuk lembaran sehingga akan lebih mudah dipasang dan bisa hemat waktu. Bentuknya bergelombang dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Genteng asbes juga sangat mudah dibersihkan. Pemasangan atap asbes yang cepat dan mudah itu karena tidak rumit sehingga cenderung bisa lebih cepat.

Genteng Sirap

Genteng ringan yang lainnya adalah genteng sirap. Bersifat tidak panas. Nama lain sirap ialah kayu bulian, atau kayu besi, atau ulin, asalnya dari hutan di Kalimantan. Tumbuh di daerah dengan kelembaban yang tinggi, dengan perubahan suhu ekstrim serta ada pengaruh dari air laut sehingga sangat kuat dan tahan lama. Bentuknya berupa lembaran tipis memanjang dari belahan kayu ulin. Meski demikian, pemasangannya agak sulit dan perlu biaya lebih.

Genteng Aspal

Tampilannya doff. Genteng aspal terbuat dari campuran aspal, dengan bubur kertas, dan serat organik serta resin, sehingga tidak akan mudah bocor dan ringan. Terdapat dua tipe genteng aspal, yakni yang datar dan terbaut pada triplek serta yang berbentuk gelombang yang dibuat pada rangka atap. Variasi warnanya cukup banyak. Genteng aspal ini juga cocok dipasang bersama dengan rangka atap baja ringan. Pemasangannya juga mudah serta cepat hemat waktu. Genteng aspal ini juga telah dilapisi anti jamur serta bersifat tahan api dan tahan dingin. Meskipun harganya relatif cukup mahal.

Itulah beberapa genteng ringan dan kuat selain genteng metal yang juga bisa dipilih untuk.digunakan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these