Inilah Jenis-Jenis Dan Keunggulan BPR Yang Harus Diketahui

ilustrasi peminjaman kredit bank

BPR menjadi salah satu bank yang sangat diminati oleh para masyarakat. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya keunggulan BPR yang bisa Anda dapatkan jika menjadi nasabah bank yang satu ini. Jenis-jenis dari BPR pun beragam, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Jenis-Jenis BPR

BPR sendiri digolongkan dalam beberapa kategori sebagai berikut :

  • Berdasarkan Kepemilikannya

Berdasarkan kepemilikannya, BPR dibagi menjadi dua yaitu BPR yang dimiliki oleh Pemerintah dan BPR yang dimiliki oleh swasta.

  • Berdasarkan Pengelolaannya

Berdasarkan pengelolaannya, BPR dibagi menjadi dua yaitu BPR Konvensional dan BPR Syariah.

  • Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, BPR dibagi menjadi tiga yaitu BPR Badan Kredit Desa, BPR Bukan Badan Kredit Desa, dan LDKP (Lembaga Dana dan Kredit Pedesaan).

Keunggulan BPR

Berikut ini adalah beberapa keunggulan BPR jika dibandingkan dengan bank umum lainnya :

  • Jenis Jaminan Dalam Persyaratan Tidak Sulit

Dalam BPR, jaminan atau agunan telah dijadikan sebagai salah satu syarat kredit, namun bukan berarti bahwa jaminan tersebut merupakan syarat utama dalam pertimbangan pemberian kredit.

Pada pinjaman BPR, yang dijadikan sebagai pertimbangan utama dalam disetujuinya pemberian kredit adalah prospek usaha jangka panjangnya atau seberapa besar kemungkinan bisnis Anda akan sukses di kemudian hari. Kelebihan inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman namun tidak memiliki aset yang berharga, seperti rumah dan kendaraan bermotor.

  • Mengutamakan Unsur Kepercayaan

BPR bukanlah sebuah lembaga keuangan yang mengutamakan keuntungan saja. Hal yang menjadi prioritas BPR adalah unsur saling percaya yang diterapkan oleh BPR pada saat memberikan produk pinjaman kepada para nasabah.

Sebagai contohnya, BPR akan lebih mudah dalam memberikan pinjaman kepada nasabah yang sudah pernah mengajukan pinjaman sebelumnya. Hal ini terjadi karena unsur kepercayaan bahwa nasabah tersebut telah memiliki reputasi yang baik dan tetap mempertahankan kelancaran kreditnya.

  • Pencairan Dana Lebih Cepat dan Mudah

Karena salah satu tujuan dari BPR adalah untuk membantu memberikan modal pada UMKM, maka pencairan dananya pun akan dipercepat, yaitu hanya sekitar 2 hingga 3 hari kerja saja. Setelah persyaratan pengajuan pinjaman dipenuhi, maka BPR akan langsung melakukan pengecekan dan menganalisa data tersebut. 

Apabila data sudah sesuai, maka BPR juga akan melakukan survei lapangan untuk melihat usaha yang sedang dijalani oleh nasabah tersebut. Dengan begitu, selama nasabah memberikan data yang valid, maka BPR akan dengan mudah memberikan pinjaman modal kepada nasabah tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis dan juga keunggulan BPR yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui keunggulan dari BPR tentunya akan semakin menguntungkan Anda jika mengajukan pinjaman di BPR.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these