5 Fungsi Gelato Machine Sesuai Kegunaan yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi gelato

Es krim gelato semakin digandrungi oleh para kaum muda kekinian atau pecinta es krim. Kini bahkan telah berkembang banyak outlet es krim gelato yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini telah ada gelato machine yang menjadi salah satu solusi tepat bagi Anda sebagai industri atau hanya konsumsi rumah tangga.

Apa Itu Mesin Gelato?

Gelato sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “beku”, dan terbuat dari bahan utama, seperti susu, krim, gula, dan variasi tambahan sesuai selera. Mesin gelato hadir dengan penggunaan yang mudah dan praktis sehingga lebih menambah efektivitas suatu industri.

Mesin gelato dibuat khusus untuk membuat adonan jenis gelato mirip dengan mesin hard es krim pada umumnya. Nah bedanya gelato ini menggunakan bahan yang lebih lembut sehingga nyaman untuk disantap.

Fungsi Gelato Machine Sesuai Kegunaan

Berikut lima fungsi mesin gelato sesuai kegunaannya yang perlu Anda ketahui:

  1. Mesin Pasteurisasi

Fungsi mesin pasteurisasi digunakan untuk mengaduk bahan dasar cair gelato secara merata disertai dengan pemanasan pada suhu 80 derajat celcius selama minimal 25 detik. Adapun tujuan penggunaan mesin ini dalam pembuatan gelato, yaitu untuk membunuh mikroba patogen, memperpanjang umur gelato, menghasilkan produk gelato yang bermutu secara konstan.

Jangan lupa pastikan Anda memulai proses pasteurisasi dengan mengikuti aturan yang telah ditentukan. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan gelato yang dibuat, sehingga kualitas gelato lebih higienis dan aman.

  1. Batch Freezer

Mesin ini berfungsi untuk memproses adonan gelato dari cair menjadi padat. Selain ini, pada mesin ini dilakukan pencampuran dan pembekuan adonan gelato dengan memasukkan udara ke dalamnya.

  1. Blast Chillers

Mesin Blast Chillers pada gelato machine berfungsi untuk menstabilkan produk gelato dengan cara membekukan sebagian air di dalamnya dengan cepat. Mesin ini memiliki kualitas yang tinggi, bahkan bisa mencapai suhu terendah minus 35 derajat celcius.

  1. Refrigerator Cabinets

Mesin ini disebut juga mesin pendingin yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan mentah agar tetap segar. Tak hanya itu, mesin ini digunakan untuk mendinginkan bahan makanan mentah selain gelato dan es krim. Mesin ini bisa diatur suhunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Showcase Machine

Mesin ini juga disebut lemari pendingin yang bisa digunakan untuk menaruh hasil gelato yang sudah jadi. Mesin showcase juga digunakan untuk memajang hasil gelato yang sudah Anda buat untuk menarik pelanggan saat melihat gelato dengan berbagai rasa dan warna. 

Itulah beberapa fungsi gelato machine sesuai kegunaannya yang perlu Anda ketahui. Nah beberapa komponen mesin diatas tentu sangat berguna untuk menunjang keperluan bisnis gelato Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih komponen mesin yang berkualitas agar lebih awet saat digunakan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these

No Related Post