Tips Memilih Les Bimbel

les bimbel

Guna mengejar ketertinggalannya di kelas atau supaya nilai mata pelajaran anak meningkat maka bisa berikan kepada anak les bimbel. Dengan begitu maka anak bisa belajar dengan lebih intensif. 

Apa itu Les Bimbel, bedanya dengan Les Privat

Les bimbel diikuti oleh beberapa siswa dalam satu kelas dengan satu guru pengajarnya. Sedangkan les privat lebih khusus, dengan jumlah siswa yang lebih sedikit bahkan mungkin hanya satu dengan atau orang guru pengajar juga. Materi pelajarannya beragam dan bisa dipilih. Bagi yang memilih les bimbel SMP maka bisa memilih materi dari berbagai mata pelajaran kurikulum SMP. Bisa memilih salah satunya saja, seperti matematika, misalnya, tak harus seluruh mata pelajaran SMP yang ada.

Tips Memilih Les Bimbel

Berikut ini tips nya

Cek Kualitas

Pilih lembaga penyelenggara bimbel yang terkenal bagus dan bagus reputasinya. Hal ini bisa dilihat dari review para orang tua dan siswa yang pernah menggunakan jasanya. Cek juga dengan kurikulum bimbel dan background guru pengajarnya. Data dan informasi terkait hal ini bisa didapatkan dari teman dan keluarga ataupun informasi dari internet ataupun dengan menanyakannya langsung ke lembaga penyelenggara bimbel yang bersangkutan.

Garansi Guru

Pilih juga les bimbel yang memungkinkan anak untuk memilih kelas atau guru yang dirasa cocok dengannya. Hal ini karena gaya mengajar antara mentor yang satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda-beda dan belum tentu anak merasa cocok. Jika alasan anak tepat maka tak ada salahnya menurutinya. 

Tentukan Jadwal yang Tepat

Lalu pilih les bimbel yang tepat waktunya dengan jadwal keseharian anak. Usahakan agar anak bisa mengikuti les bimbel dalam kondisi yang siap, tidak sedang dalam kondisi lelah setelah melakukan suatu aktivitas harian lainnya  atau dalam kondisi mengantuk dan hal-hal yang tidak kondusif lainnya yang bisa mengganggu penyerapan materi pelajaran yang diajarkan.

Pilih Mata Pelajaran Materi Bimbel

Tentukan materi mata pelajaran yang akan diikuti oleh anak, yakni terutama untuk mata pelajaran yang dirasa sulit oleh anak dan hendak ditingkatkan nilainya. Materi mata pelajaran yang biasanya dirasakan sulit oleh anak-anak ialah matematika dan bahasa Inggris serta fisika dan kimia juga biologi. Itu beberapa mata pelajaran les bimbel paling favorit dan yang banyak diminati, dengan jumlah peserta yang banyak.

Banyak orang tua yang mencari les bimbel terdekat namun kini juga sudah ada les bimbel secara online yang tidak tergantung jarak jauh dekatnya karena dilaksanakan secara daring. Bisa dicoba.

Hal tersebut sangat mendukung upaya social distance atau jaga jarak secara fisik selama wabah virus Covid 19 guna mencegah penularannya. Mengingat virus Covid tersebut masih terus bermutasi dan hingga kini belum ditemukan obatnya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these